Pilih Mana, Belanja Kebutuhan Anak Secara Online Atau Offline?

Grape Island

PILIH mana, belanja online atau offline? pertanyaan ini kerap mengusik orang-orang yang memiliki hobi berbelanja. Saat ditanya soal pilihan ini, maka jawabannya akan bermacam-macam.

Bagi mereka yang ingin praktis, mudah dan cepat, tentu akan memilih berbelanja perawatan tubuh anak secara online. Tetapi bagi mereka yang sangat detail dengan produk, atau sedang ingin bersantai di tempat perbelanjaan tentu memilih belanja offline. Semuanya akan kembali lagi ke kebutuhan tiap-tiap orang, tergantung apa yang akan dibeli dan di mana barang itu tersedia.

Ada beberapa pertimbangan kenapa harus berbelanja offline. Salah satunya jika harus membeli kebutuhan dapur atau kebutuhan sehari-hari yang jumlahnya sedikit. Tetapi jika harus berbelanja kebutuhan sandang dan papan atau perangkat elektronik, Anda tentu bisa memilih berbelanja online. Di toko online, Anda bisa berburu promo dan diskon. Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah memilih dan membandingkan harga.

Belanja online pada dasarnya sama saja dengan belanja pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada proses transaksinya. Pelanggan toko online tidak perlu lagi mendatangi toko untuk membeli produk tertentu. Mereka cukup menggunakan gadget yang terkoneksi internet, baru kemudian mengunjungi lapak atau website toko online untuk mencari produk yang mereka mau.

Apa kelemahan dan keunggulannya? keduanya punya kelemahan dan keunggulan. Salah satunya, jika Anda berbelanja online, maka Anda akan dimudahkan untuk mencari barang. Anda juga bisa berburu diskon dan promo dengan mudah. Harga barang yang dijual juga bisa dibanding-bandingkan. Sehingga Anda bisa dengan mudah memilih produk yang sesuai dengan isi kantong Anda.

Tetapi di balik kemudahan dan fasilitas itu, tentu ada risiko yang bisa saja muncul. Di antaranya bahaya kejahatan cyber, bisa juga spesifikasi barang yang Anda beli tidak sesuai keinginan. Risiko lainnya adalah Anda bisa saja membeli produk yang bukan original.

Masalah lainnya adalah ketika berbelanja online kita tidak bisa memegang langsung barang yang hendak kita beli. Selain itu saat berbelanja online kita pasti dikenai biaya tambahan seperti pajak dan ongkos kirim. Untuk masalah yang satu ini, Anda bisa mencoba membeli di Blibli.com. Di sini, semua produk yang dijual dipastikan original. Toko online ini juga telah terakreditasi. Segala transaksi yang terjadi di toko online ini dipastikan aman untuk pelanggan.

Berbagai sistem pembayaran pun kini telah tersedia untuk belanja online. Mulai dari pembayaran melalui transfer. Bisa juga, Anda membeli melalui Cash on Delivery (COD). Anda bisa membayarnya begitu barang sudah ada di tangan Anda.

Tetapi belanja secara offline juga punya kelebihan. Salah satunya, Anda bisa menjamin barang yang Anda beli benar-benar original. Barang itu bisa Anda sentuh. Anda juga bisa melakukan eye contac dengan penjual barang itu.

Adapula kelemahan dari belanja offline. Belanja offline sudah terbilang kuno dan tidak praktis. Berbelanja secara online juga membuat energi dan waktu Anda bisa terbuang banyak. Apalagi kalau situasi pasar sedang ramai. Anda akan berdesak-desakan dengan banyak orang yang tentunya akan menghabiskan banyak energi dan waktu.

Bahkan, untuk beberapa kebutuhan dapur dan kebutuhan sehari-hari, Anda tetap bisa menawar dengan pembelinya. Sejauh ini, masih sangat jarang toko online yang menyiapkan fasilitas tawar menawar untuk produk dagangannya.

Itulah kelebihan dan kekurangan toko online. Jadi, lebih pilih mana, belanja online atau offline?.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *